Arleen's Blog

Saturday, May 06, 2006

Posting#2 : Story websites for kids - Ideas for Moms

Dear Moms,

Thank you buat semua Moms yang dah email aku untuk minta di japri cover/backcover buku cerita anak yang aku tulis. Moga-moga nggak susah nyarinya di Gramedia (ya kadang kalo kosong suka lama baru di re-stock).

Memang sih nggak ada yang mengalahkan asiknya baca buku di ranjang dengan anak-anak. Tul nggak? Itu sebabnya aku nulis buku.

Tapi kadang untuk selingan, internet bisa juga dipake untuk meningkatkan minat baca anak. Tapi jangan kelamaan di depan computer ya, supaya mata nggak rusak.

Di bawah ini 3 website bacaan anak yang aku dan anakku suka.

www.Starfall.com

Situs ini sangat cocok untuk pelajaran membaca karena materi yang disediakan memang disusun berurutan sehingga menjadi satu program belajar membaca yang terarah. Cerita-cerita di situs ini sebaiknya dibaca berurutan, tidak dipilih secara acak. Cerita pertama adalah mengenai Zac si tikus (Zac the Rat). Cerita Zac si tikus bukan merupakan cerita yang benar-benar mempunya alur karena penekanan memang bukan pada jalan cerita melainkan pada pengenalan, penggunaan dan bunyi dari huruf a. Karena itu banyak ditampilkan dalam cerita ini kata-kata yang menggunakan huruf a seperti ant (semut), pan (panci), fan (kipas angin) dsb. Dilengkapi animasi yang lucu.

www.Alfy.com

Situs ini sangat menarik untuk dilihat karena disain grafisnya yang menarik. Situs diawali dengan gambar sebuat taman bermain. Klik di icon Map untuk melihat seluruh isi “taman” dan kemudian masuklah ke dalam Alfy Storyville (tempat cerita) dengan meng-klik gambar tumpukan buku di area kanan bawah untuk dapat memilih dari sekian banyak cerita. Cerita-cerita yang ditampilkan di sini lebih panjang. Situs ini lebih cocok untuk anak yang memang sudah mahir membaca sehingga fokus berpindah kepada pengolahan imaginasi. Salah satu cerita di sini yang berjudul Benteng Alfy (Alfy’s fort) adalah mengenai seorang anak lelaki bernama Alfy (tokoh utama di situs ini) yang membangun “benteng” dari kursi dan perabotan di kamar tidurnya (anak anda harus membantu Alfy di dalam proses ini) dan kemudian dia mengamati “hutan” hasil imaginasinya dari dalam “benteng” tersebut.

www.Storyplace.org

Situs ini menarik karena disamping penyediaan cerita dengan berbagai tema, situs ini juga menyediakan materi tambahan sesuai dengan masing-masing tema. Contoh : cerita dengan judul Gorilla Kuning (The Yellow Gorilla) menceritakan tentang seekor anak gorilla yang sangat menyukai pisang sehingga menjadi kuning. Untuk tema yang sama, terdapat aktifitas online dimana anak anda dapat “menemani” si Gorilla tersebut ke supermarket untuk berbelanja. Di samping itu, disediakan aktifitas untuk dikerjakan di rumah dan juga daftar bacaan dengan tema yang sama.

Ok, Moms, hope you like the websites.

Remember, introduce books early to your kids. Happy Reading always!

Arleen
(Proud mother of 1 and children book writer)
To see cover of Arleen's books, use the following link:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac