Arleen's Blog

Saturday, May 06, 2006

Posting#6 : Experiments for kids - Ideas for Moms

Hallo lagi Moms,

Ada Moms yang minta dicariin website yang isinya experiment buat anak kecil.. ya emang enak juga sih ngadain science experiments dengan anak-anak. Selain have fun nyoba ini itu, anak-anak jadi sedikit banyak belajar science. Dan the fun part is looking at the amazed expressions on their cute faces! J

Di bawah ini beberapa website yang memberikan ide/instruction untuk mengadakan science experiments sederhana yang ok dan aman.

(Note : balita yang masih terlalu kecil belum terlalu enjoy experiment seperti ini. Anak aku mulai enjoynya setelah umur 4. website-website ini juga bisa dipake untuk bahan science project anak-anak di sekolah. Dan, kalo lagi experiment dengan balita, jangan terlalu pusingin apakah mereka ngerti “ilmu” di balik experiment itu ya, Moms, yang paling penting itu mereka have fun.)

http://pbskids.org/zoom/activities/sci/

Lebih dari seratus experiment dibagi dalam beberapa kategori : chemistry, engineering, five senses, forces and energy, patterns sounds dan banyak lagi. Contoh experiment :
Color Splash
memasukkan pewarna ke dalam air dan minyak untuk membuat warna warni yang indah (mempelajari bahwa air dan minyak tidak bercampur),
Delta Wing Flyer
membuat pesawat dengan kertas dan sedotan,
Lemon Juice Rocket
membuat “roket” dengan lemon juice dan baking soda (gas yang dihasilkan akan mendorong tutup botol untuk terbang)
dilengkapi dengan daftar materi yang diperlukan, instruksi (beberapa ada gambarnya) dan foto dari bentuk akhir/hasil

http://www.scholastic.com/magicschoolbus/simplescience/home.htm

Lebih dari dua puluh experiment. Contoh experiment: membuat paper clip melayang (“diangkat” dengan magnet), membuat hujan (proses pengembunan), membuat rainbow (dengan air dan cermin). Dilengkapi dengan daftar materi dan instruksi (tetapi tidak ada gambar bentuk hasil).

http://www.creativekidsathome.com/kids_science.html

15 experiment lengkap dengan penjelasan teori di awal, baru kemudian cara pengerjaan experiment. Contoh experiment : membuat kristal gula, menggerakkan pinwheel (kincir) dengan uap, membuat kompas (dari jarum).

http://www.spartechsoftware.com/reeko/

experiment di tandai dengan easy, intermediate dan advance
contoh experiment dengan level easy: menginvestigasi mengapa benda mengapung, melihat pensil yang terlihat patah ketika dimasukkan ke segelas air (refraksi)
Beberapa experiment tambahan terdapat di :
http://www.spartechsoftware.com/reeko/MoreExperimentsSortCategory.htm


http://scienceclub.org/

kids science build it projectnya dibagi menjadi 3 categori: simple, medium, advanced, tetapi bahkan yang simple pun sudah cukup sulit untuk dilakukan. Website ini lebih cocok untuk anak-anak yang lebih besar. Beberapa contoh : experiment tentang static electricity, membuat teleskop,

Ok, Moms.. have fun!

Regards always,
Arleen
Arleen is a children story book writer. To see covers of her books, use the link below:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac

13 Comments:

Post a Comment

<< Home