Arleen's Blog

Sunday, June 18, 2006

Posting#14:Hobby Ideas for Kids – Ideas for Moms

Dear Moms.. (and Dads and all...),

Kebanyakan orang pasti punya hobby. Hobby yang baik akan menambah semangat hidup, pengetahuan, rasa percaya diri dll. Hobby yang baik membuat anak jadi bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Penyaluran hobby juga bisa dipakai sebagai penyaluran bakat. Hobby nggak bisa dipaksa, juga kalo dah terlanjur hobby, susah di-stop :). Di bawah ini ada beberapa hobby yang bisa kita kenalkan pada anak kita, untuk membantu mereka menemukan apa sebenarnya hobby atau bakat mereka, berikut beberapa website/informasi kursus dll yang berhubungan dengan hobby-hobby tersebut.

Kategori mengumpulkan / koleksi
1. Koleksi perangko (tapi kayaknya dah nggak musim, karena sekarang dah jarang kan orang kirim surat lagi, pasti pake email dan sms :)
http://www.stamps.org/kids/kid_StampFun.htm
http://www.bnaps.org/stamps4kids/
2. Koleksi coin asing
http://www.usmint.gov/kids/flashIndex.cfm
http://library.thinkquest.org/5395/
3. Koleksi kertas surat (aduh aku hobby banget koleksi kertas surat. Nanti kalo Alyssa dah gedean akan kuwariskan pada dia he he :)
4. Koleksi karcis/tiket (tiket busway, tiket opera, tiket themepark dll)
5. Koleksi postcard
6. Koleksi gantungan kunci yang berhubungan dengan negara-negara

Kategori gambar menggambar
1. menggambar (dengan pensil, krayon dll)
2. melukis (dengan car air, cat minyak dll)
Di bawah ini daftar sanggar kreativitas
http://www.balita-anda.indoglobal.com/sanggar.htmlSanggar
3. membatik
Museum Tekstil (kursus membatik)
Jl KS Tubun no 4 Jakarta Barat telp 560-6613
Batik Hasan (kursus membatik)
Jl Cigadung raya timur no 136 telpon (022) 2501029
Kais Art and Culture (kursus membatik)
Jl Melati Putih no 74A, Kemanggisan Utama Raya, Jakarta Barat. 5320791, kais_education@hotmail.com

Kategori buat membuat
1. origami
http://www.paperfolding.com/
http://www.origami.com/
2. jahit menjahit (menjahit, menyulam, merajut dll)
3. pekerjaan dengan manik-manik
http://www.bellaonline.com/articles/art1475.asp
4. pekerjaan yang berhubungan dengan memasak/membuat kue
http://www.childrensrecipes.com/
http://kid.allrecipes.com/default.asp
5. clay/modeling
6. merangkai bunga
New line floral education center bengkel bunga)
Jl P antasari no 11B
Arteri Cipete, Jakarta selatan telp 75902332
7. Berkebun
http://www.kidsgardening.com/
Kebun Wisata Pasirmukti
Kantor pemasaran: Jl S Iskandarmuda 2A, arteri pondok indah, Jakarta selatan telp (021) 7398808
Email pasirmukti@cbn.net.id

Kategori tulis menulis
1. menulis cerita
2. membuat komik
Digital Studio College
021 2701518
www.digitalstudiocollege.com
Inti college
5654969, 5654970
www.inti-col.com
3. Scrapbooking
http://www.familytreemagazine.com/articles/oct01/ideas.html
http://www.makingfriends.com/teencrafts/book_binding.htm


Kategori performance art
1. Menari tarian traditional
2. Menari balet
Marlupi Dance Academy
Jl. Green Ville Maisonette Blok FB 8 Jakarta Barat
Namarina
7396122, 3902946, 5600348
Sekolah balet Ade Rayanti
7222975, 82411617
3. Menyanyi
Purwacaraka Music Studio Jl. BDN Raya No. 10 B, Jakarta Selatan Telepon : 021-7512845
4. Bermain musik
Website di bawah ini memuat daftar sekolah musik di wilayah Jakarta dan sekitarnya:
http://www.melodiamusik.com/classic/index.php?option=com_content&task=category&sectionid=14&id=20&Itemid=33

Di bawah ini daftar tempat kursus musik dan juga seni
http://www.geocities.com/EnchantedForest/Glade/5207/html/daftar_sanggar.html


Kategori mempelajari
1. Mempelajari dinosaurus. Jenis-jenis, bentuk, apa makanan mereka dll.
http://www.dinosauria.com/
http://www.ucmp.berkeley.edu/diapsids/dinosaur.html
2. Mempelajari tumbuh-tumbuhan/botany: tumbuhan, bunga dll
http://www.botany.com/
http://www.backyardgardener.com/plantname/index.html
3. Mempelajari hewan : serangga, ikan, burung, anjing, kucing dll
http://www.insects.org/
http://www.pbs.org/lifeofbirds/
4. Mempelajari perbintangan
http://www.dustbunny.com/afk/
5. Mempelajari art history/lukisan
http://www.metmuseum.org/toah/splash.htm

Kategori olah raga
1. tennis, badminton dan olah raga dengan bola lainnya
2. berenang
3. ice skating
Sky Rink Jakarta
Mal Taman Anggrek Level 3
Jl Letjen S Parman Kav 21 Jakarta 11470 Indonesia
Email skyrink@cbn.net.id
Telephone 6221 564 2888.
4. catur
Gokomo Chess (tempat kursus catur/club catur untuk anak-anak)
Taman Anggrek Condominium
Tower 7 Unit 19-E
Telp. 5699 9179
Email lani@gokomokids.com
Mobile Phone 081-310421560
http://www.gokomo.com/kids/index.php

Ok Moms, segitu dulu daftar hobbinya.. moga-moga have fun dalam pencarian hobby.

Happy Reading always,
Arleen Amidjaja
Untuk melihat posting2 aku yang terdahulu, lihat aja di blog aku:
http://arleen315.blogspot.com
Untuk melihat cover 3 novel chicklit aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=c052&
Untuk melihat 48 cover children storybooks aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac

38 Comments:

Post a Comment

<< Home