Arleen's Blog

Sunday, June 04, 2006

Posting#12 : Phonics-Ideas for Moms

Dear Moms..

Umur berapa sih anak harus dah bisa baca? Sebenarnya setiap anak itu lain-lain dan nggak ada yang berhak mengharuskan bahwa umur sekian itu anak harus bisa baca. Setiap anak punya kegemaran masing-masing dan kelebihan masing-masing, jadi jangan terlalu memaksakan si anak untuk ini itu yang bikin mereka stress. Teman aku ada yang anaknya dah bisa baca sejak usia 2.5 tahun. Tapi apakah seorang anak mulai bisa membaca di usia 2.5 atau 7 sebenarnya saat mereka berumur 10 nanti kan sudah nggak ada bedanya kan?

Akhir-akhir ini metode yang lagi musim buat ngajarin baca anak adalah menggunakan phonetic/phonic, yaitu, memecah perkataan mengikuti suaranya. Untuk bahasa Indonesia, metode ini sedikit lebih mudah karena huruf dalam bahasa Indonesia kebanyakan bunyinya tetap. Untuk bahasa Inggris, sedikit lebih susah karena suatu huruf bisa banyak bunyinya (contoh c dalam cat dan dalam certify kan lain).

Di bawah ini beberapa website tentang phonics.

http://www.bbc.co.uk/schools/wordsandpictures/
Activities yang membantu belajar phonics. Ada yang untuk mengidentify middle sound, untuk mempelajari consonant clusters (sp di spind, bl di blend dan bunyi-bunyi gabungan lainnya) dll.

http://teacher.scholastic.com/clifford1/flash/phonics/index.htm
Interactive Clifford the Big red Dog storybook untuk mencari sound/bunyi phonics yang sama.

http://www.sadlier-oxford.com/phonics/control_page/front2.htm
Games-games untuk belajar phonics, dibagi berdasarkan grade (kindergarden, grade 1-2 dst), seperti online memory card, alphabet zoo (memasangkan huruf kecil dan huruf besar), vowels (memilih kata-kata yang mengandung bunyi tertentu).

http://www.starfall.com/
Dulu aku pernah membahas juga tentang website ini sebagai salah satu website berisi cerita anak. Website ini sebenarnya adalah program belajar baca. Step satu (ABC)mempelajari suara dari huruf huruf, lalu baru lanjut ke cerita-cerita dengan animasi (Learn to Read). Nah cerita-cerita ini sebenarnya disusun berdasarkan program
pembelajaran phonics. Jadi cerita yang pertama (Zac the Rat) adalah untuk belajar suara dari huruf a, cerita kedua (Peg the Hen) fokus di penggunaan suara huruf e dan seterusnya. Jadi bukan hanya kumpulan cerita biasa. Juga diajarkan cara melafalkan perkataan, dan juga menyediakan beberapa games seperti Pick a Pumpkin (membuat pumpkin yang biasa dipake waktu Halloween online, bisa pilih pumpkin, mata, mulut dll).

http://pbskids.org/lions/games/
Games-games seputar alphabets dan words, tapi tidak terfokus pada phonics. Contoh: kata apa saja yang bisa dibuat dari huruf huruf di dalam kata alphabet? (jawab : at, be, hat), typing the missing alphabet dll.

http://www.tampareads.com/phonics/phonicsindex.htm
Worksheets untuk latihan latihan phonics, dibagi 3 level (kindergarten, grade 1, above grade 1). Ada worksheet untuk setiap huruf/bunyi phonics, untuk bunyi gabungan dll. untuk di print dan dikerjakan.

http://www.edhelper.com/phonics/Phonics.htm
Worksheet, coloring sheet dan lain lain untuk belajar phonics untuk di print dan dikerjakan. Dibagi berdasarkan tingkatan pembelajaran phonics (pertama belajar sound, lalu sight words, lalu consonant dst.)

Ok Moms… have fun reading!

Regards always,
Arleen Amidjaja
Untuk melihat posting2 aku yang terdahulu, lihat aja di blog aku:
http://arleen315.blogspot.com
Untuk melihat cover 3 novel aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=c052&
Untuk melihat 44 cover children storybooks aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac

7 Comments:

Post a Comment

<< Home