Arleen's Blog

Monday, May 08, 2006

Posting#3: Pretend Plays Ideas - for Moms

Pretend Play Ideas – for Moms.

Dear Moms,
Week end-week end kalo nggak ada acara ke mana-mana, dan kalo males ke mall dan males keluar karena takut macet, Pretend Play aja sama anak-anak. Pretend Play bagus karena meningkatkan daya imaginasi anak. (di bawah ada link ke beberap artikel tentang pretend play).

2 bentuk Pretend Play yang paling disukai anakku:

1. Sailing/Berlayar
Anak aku sukaa banget main sailing. Mainnya hanya di ranjang, dengan kapal yang dibuat dari 4 guling yang membentuk kotak lalu di atasnya ditaruh selimut (jadi seperti mangkuk kotak dengan 4 sisi). Yah tapi sofa atau karpet di lantai juga bisa untuk jadi kapal, apa saja :). Bawa beberapa “equipment” seperti senter, botol air, tali untuk memancing, buah-buah plastic untuk bekal dan boneka-boneka yang mau ikut berlayar dan juga binocular (2 toilet paper roll yang di silotip).
Pergilah berlayar dengan sekali sekali mengecek dengan binocular apakah sudah hampir sampai di pulau. Jika sudah “malam” ya harus bermalam di kapal, jika makanan sudah habis, harus memancing ikan dll. Jika sampai di pulau, jangan lupa petik buah-buah untuk bekal dan mencari air.

Variasi : Magic carpet. Pake selimut di atas lantai untuk jadi magic carpet yang terbang ke berbagai tempat.

2. Superhero
Anakku kebetulan ngefans sama Power Puff Girls. Jadi dia suka main superhero. Jadi ceritanya kita lagi berkemah di bawah selimut. Terus ada suara-suara (kita yang buat suara-suaranya, Moms :) suara singa kek, suara ular kek, atau binatang lain, atau suara monster). Lalu aku ceritanya “bangunin” anakku karena aku “ketakutan” ada monster yang datang. Lalu dia akan memikirkan strategi apa yang dia pakai untuk mengusir si monster/hewan yang datang. Dia tidak selalu tempur. Kadang dia hanya lemparkan baso raksasa untuk si singa, lemparkan ikan-ikan besar untuk si beruang, kadang dia menyemprotkan garam untuk mengusir ular, kadang dia menggunakan senjata laser :), kadang dia menyemprotkan “perfume berbau singa” jika yang datang adalah rubah (karena rubah pasti takut singa, dan jika dia cium ada bau-bauan singa pasti dia kabur he he :) setelah monster/hewan terkalahkan, kita tidur lagi sampai datang musuh berikutnya:).

Selain itu banyak ide-ide pretend play yang lain yang bisa dipakai seperti:
1. Main sekolah-sekolahan
2. Main dokter-dokteran, dokter gigi
3. Main salon-salonan (rambut atau wajah)
4. Main jual-jualan
5. Main kemah-kemahan
6. Main tanam-tanaman (jadi petani)
7. Main restoran-restoranan (masak, melayani, mencuci piring)
8. Berpura-pura jadi bank atau kantor pos
9. Main cuci baju (cuci baju, menyeterika, menggantung. Bisa gunakan gambar-gambar pakaian dari majalah wanita yang digunting untuk permainan ini. Rentangkan benang/tali dan gunakan paper clip atau clip rambut untuk menggantung baju setelah dicuci. Gunakan mainan setrikaan untuk menyetrika. Bisa juga gunakan saputangan dll.
10. Membuat pertunjukkan boneka
11. Main bayi-bayian : selain boneka yang jadi bayi yang harus diberi makan dll, kita juga bisa gentian jadi bayinya! :) Untuk variasi juga bisa berpura-pura tinggal di hutan, lalu banyak datang binatang kecil yang perlu dirawat.
12. Main perpustakaan-perpustakaan : dengan menggunakan buku cerita koleksi anak kita, lalu ada yang meminjam dan sebagainya. Untuk main perpustakaan ini, kadang bisa juga dengan variasi sbb: beri nomor pada semua buku (dengan kertas dan silotip), lalu tulis juga nomor pada kertas-kertas kecil, lalu dikocok dan anak kita akan ambil satu untuk menentukan mana buku yang akan kita baca berikutnya.
13. Pura-pura pergi ke hutan atau ke pantai atau ke bulan :)
14. Pura-pura jadi pemadam kebakaran
15. Fashion show
16. Kereta-keretaan/bis/pesawat terbang. Bisa dengan membariskan beberapa kursi

Ok, Moms, semoga have fun main pretend play dengan si kecil.

Links ke Article tentang pretend play
http://childparenting.about.com/cs/kidsplay/a/pretendplay.htm
http://www.scholastic.com/earlylearner/experts/behavior/3_5_dramaticplay.htm
http://www.atozkidsstuff.com/article22.html
(di 3 website tsb : childparenting.about.com, scholastic.com, dan atozkidsstuff.com juga banyak article dan feature bagus lainnya, loh!)

Regards always,
Arleen Amidjaja
PS : thank you bangetttt buat semua email-email pertanyaan ataupun feedback dari Moms tentang buku-buku cerita anak yang aku tulis!

Yang masih mau liat cover buku-buku cerita anak itu, ini linknya :
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac

To see her most recent children story book release : Little Lily’s Big Adventure, use the following link:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=/f1d4

Arleen has also written 3 chicklit novels especially for all romantics out there:
Don’t Think, Just Love
Pacar Nomor Dua
Delapan Semester Petak Umpet dengan Cinta
To see the covers, use the following link:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=c052&