Arleen's Blog

Saturday, May 20, 2006

Seputar Shirley the Good Little Witch – Ucapan Terima Kasih

Dear Moms,
Nggak terasa sudah masuk bulan ke 5 sejak terbitnya seri Shirley the Good Little Witch di akhir tahun 2005 kemarin dan aku terima banyak email-email response dari Moms (dan juga several Dads and Teachers :) ).

Aku cuma mau ngucapin terima kasih karena dah memperkenalkan Shirley ke anak-anak/murid-murid kalian. Juga untuk ribuan (laporan dari penerbit he he :) ) adik-adik yang sudah membaca Shirley, I love you all! Ketahuilah bahwa aku selaku penulis ini, sadar sesadar-sadarnya bahwa a writer is nothing without her readers!

Di bawah ini beberapa pertanyaan, kritik, komentar dll tentang Shirley yang sempat aku rangkum.
Buat yang mau lihat cover-cover Shirley, ini linknya:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=e4cascd&

Q : Gambarnya bagus banget siiih!!
A : Aduuh thank you, thank you… Juga thank you buat illustrator aku, Ernes Adriani, yang dah rela-relain mengorbankan week-end week-endnya nggak pergi nge-date demi ngegambar Shirley, dan sabar waktu aku minta tolong revisi lagi dan revisi lagi dan revisi lagi hehe :) Aku hepi banget kalo adik adik suka gambarnya.

Q : Seri Shirley itu khusus buat anak perempuan ya?
A : Tidak! Walaupun tokohnya anak perempuan, tapi sebenarnya Shirley itu netral ceritanya. Misalnya Dora the Explorer, kalo kita bandingkan dengan cerita Disney Princess atau Barbie, misalnya, walaupun semua berkarakter perempuan, kan terasa bahwa Dora itu ceritanya netral sementara Barbie lebih girly.

Q : Dari mana idenya pake karakter witch? Dari Harry Potter ya?
A : he he :) aku memang penggemar Harry Potter sih. Tapi karakter witch ini sebenernya sudah hidup lama sejak duluuu.. sejak jaman dongeng dongeng tentang nenek sihir yang terbang dengan sapu. Awalnya aku mau bikin karakter anak perempuan yang lucu tapi agak blo’on, yang kadang kadang suka salah. Memang akhirnya si Shirley ini sih nggak blo’on, tapi kadang kan suka salah sihir he he :) kemampuan menyihir itu memungkinkan dan mempermudah adanya kejadian-kejadian yang surprise/lucu itu.

Q : Hard cover gitu bagus ya!
A : Ini sih ide dari penerbit. Terus terang pada awalnya aku kurang setuju dijadiin hard cover, apalagi diberi padding sepons jadi empuk begitu. Proses pembuatannya jadi lama (karena pengerjaan cover) dan takut menambah harga jual. Tapi ternyata bisa masuk di harga Rp 17,500 dengan ukuran yang cukup besar dan hard cover dengan padding begitu.. hepi juga karena terlihat exclusive. Bravo BIP :)

Q : Shirley itu nggak punya sodara ya?
A : iya, kebetulan Shirley anak tunggal, belum punya dedek he he :)

Q : Kira-kira bakal ada kelanjutannya nggak?
A : 10 judul nggak cukup ya? He he :) Ok, dipertimbangkan.

Q : Shirley kok pergi ke sekolah biasa sih, bukan sekolah sihir?
A : abis Shirley kan hidupnya di antara orang biasa, jadi sekolahnya juga di sekolah biasa doong. Kalo sihirnya kan bisa belajar dari orang tuanya :)

Q : Shirley kertasnya kok nggak pake art paper?
A : Itu sih keputusan penerbit. Semua jenis kertas ada kebagusan dan kejelekan masing-masing. Untuk pertimbangan biaya, Shirley memang pake HVS, tapi terbukti warnanya tetap keluar baik. Art paper mungkin bagus tapi ada efek pantul yang buat sedikit silau waktu ngebacanya. Itu aku rasa kurang comfortable.

OK, Moms (and Dads and Teachers), that's all for now.
Buat adik-adik kecil yang lucu, tolong doa'in tante Arleen (aduh ngaku nih dah tante-tante :) supaya terus bisa nulis buku buat kalian yaaa...

happy Reading,
Arleen

9 Comments:

Post a Comment

<< Home