Arleen's Blog

Sunday, July 16, 2006

Posting #18 : Math Websites for Kids – Ideas for Moms

Dear Moms… kadang anak-anak suka males kalo disuruh ngerjain pe-er matematik. Website-website di bawah ini berisi ini itu yang berhubungan dengan matematika. Ada games yang mungkin bisa digunakan untuk menunjukkan bahwa matematik itu fun juga. Dan ada juga exercise (yang memang serius) untuk dipakai latihan anak-anak (usia SD).

http://www.mathplayground.com/
Ada game, logic game dll untuk anak dari TK sampai kelas 6. Semuanya menggunakan konsep matematik, tapi tetap fun. (website ini banyak dipakai oleh anak-anak yang homeschool).

http://www.gokidding.com/math.htm
Kalo yang ini ada games level 1 nya untuk ank yang lebih kecil. Ada game menghitung apel yang jatuh dll. Gambar menarik dan beranimasi. Ada juga coloring, puzzle dll.

http://www.getsmarter.org/index.cfm
Game dan kuis bagus-bagus (dan beranimasi). Sebelumnya ditanya dulu grade berapa supaya pertanyaannya bisa disesuaikan.

http://www.mathcats.com/
Interesting website berisi games yang berhubungan dengan maths seperti architechtural blocks (belajar dan menyusun bentuk geometris). Di game What a Crowd (di dalam section Math Cat love MicroWorlds. Note: memerlukan Microworld plug in yang bisa didownload free di website ini) kita harus menebak ada beberapa orang di dalam suatu kelompok (semakin dekat tebakan kita dengan jumlah yang sebenarnya, semakin besar point yang didapat). Ada juga crafts/prakarya yang berhubungan dengan matematika seperti membuat kota yang berisi bangunan dengan berbagai bentuk.

http://www.coolmath4kids.com/
Tampilan website menarik. Banyak math games dan puzzle yang seru seru (tapi harus punya aplikasi java software, jika tidak punya, bisa di download free dari website)

http://www.mathsisfun.com/
Teka-teki, logic puzzle, belajar tentang bentuk dll. Ada game connect four (semacam tic tac toe tapi kita harus membuat 4 red circle dalam satu baris).

http://library.thinkquest.org/4471/
Kumpulan soal cerita matematika multiple choice, beserta logika penyelesaian dan jawabannya. Bagus untuk latihan matematika anak-anak (kalo nggak sempat buat soal cerita sendiri, bisa ambil dari sini, Moms.)

http://www.ababasoft.com/kids/index_math.html
Beberapa game matematik seperti mencari angka yang hilang, sudoku, tic tac toe dll.
Note: di www.ababasoft.com selain ada math game ini juga ada online music game, juga ada online game klasik seperti tetris, pacman dll dan juga games tentang speed reading.

http://www.eduplace.com/kids/
Tidak terpaku pada matematika. Ada games yang berhubungan dengan spelling, beberapa cerita (yang bisa kita atur jalan ceritanya dengan menjawab beberapa pertanyaan di awal) dan di section Brain Power ada beberapa teka-teki matematik yang dibagi menurut grade.

http://www.allmath.com/
Menyediakan latihan matematika online. Bisa pilih penambahan atau pengurangan atau pengalian dll. Juga kita bisa ditetapkan angka paling besar berapa yang digunakan dalam latihan (sesuai dengan tingkat kemampuan anak kita). Juga menyediakan biografi dari tokoh-tokoh yang berhubungan dengan dunia matematika. Tampilan website berkesan serius.

http://www.edu4kids.com/
Untuk latihan matematika online (also with serious look), juga ada latihan tentang uang (menghitung kembalian dll). Ada juga latihan tentang pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan alam.

That’s all for now, Mom… semoga enjoy main-main dengan maths.

Regards,
Arleen Amidjaja
Untuk melihat posting2 aku yang terdahulu, lihat aja di blog aku:
http://arleen315.blogspot.com
Untuk melihat cover 3 novel chicklit aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=c052&
Untuk melihat 56 cover children storybooks aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac