Arleen's Blog

Thursday, July 27, 2006

Is The Special Watermelon really that special?

Dear Moms, Dads, Teachers, Friends and all...

Baru-baru ini buku cerita anakku yang berjudul The Special Watermelon (Wahyu Media, Juni 2006) terbit .
Langsung aku dapet email dari Moms menanyakan tentang buku ini.
Ini link untuk melihat cover dan sample pages dari buku ini:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=/fba4scd

Thank you so much, Moms, for your comments, questions, suggestions etc.
Di bawah ini jawaban dari beberapa pertanyaan2 itu, yang lain sudah aku jawab langsung ya, moms.

Q : Pertama lihat buku The Special Watermelon, kesannya kok beda dengan buku-buku kamu yang lain?

A : Memang style ilustrasinya beda ya, Moms. Buku-buku aku yang lain (seri Monty Kitty, Marrie Mermaid, Mona Lisa, Shirley the Good Witch, Little Albert, Little Lily, Story of Many Colors) lebih menggunakan aliran kartun ke jepang-jepangan (walaupun nggak Manga total) jadi bentuk lebih simple dan detail lebih sedikit. The Special Watermelon gaya ilustrasinya lebih condong ke kartun Eropa, dimana atensi pada detail lebih tinggi, tapi sudah disesuaikan dengan style penokohan Indonesia.

Q : Ah bukan cuma ilustrasi aja yang beda, teks juga lebih banyak.

A : Observasi yang bagus dan tepat dari Mom yang satu ini J. Jika seri-seri aku yang lain ditargetkan untuk balita. The Special Watermelon memang ditargetkan untuk anak yang sedikit lebih besar. Ini dikarenakan anakku, si Alyssa, juga sudah semakin besar sekarang, jadi aku menyediakan buku yang lebih panjang jalan ceritanya untuk dia, karena aku perhatikan anak seusia 5 tahunan sudah punya attention span yang lebih panjang dari adik-adik berusia 2 tahunan.
(Moms, akhir Agustus nanti aku akan jadi salah satu speaker di seminar Cara memilih bacaan yang tepat untuk anak, diselenggarakan oleh GPU. Kalo dah pasti tanggalnya, pasti aku kabarin!)

Q : Akhirnya ada juga buku kamu yang tokohnya bukan anak perempuan hehe J

A : hehe juga J. Ya. Ini atas masukan dari semua Moms yang dah email aku untuk protes karena buku aku kebanyakan bertokoh anak perempuan. Maaf ya, Moms, itu karena modelku di rumah baru anak perempuan. Tapi tidak benar loh bahwa buku aku yang lain untuk anak perempuan semua. Seri buku aku yang terbaru, Story of Many Colors, itu gender neutral. Tokohnya “benda-benda”. Ini link untuk lihat covernya:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=/dfb6scd

Q : The Special Watermelon jauh lebih tebal dari buku anak biasa.

A : Iya, Moms, itu karena The Special Watermelon sebenarnya adalah 2 in 1 dari story dan activity book. Jadi isinya 40 halaman. 23 halaman adalah cerita bergambar, sementara 17 halaman adalah bermacam-macam aktivitas yang berhubungan dengan cerita ini. Ada maze, ada complete the pattern, ada coloring, pokoknya tiny readers bakal betah berlama-lama berkutat dengan buku ini.

Q : Tebal gitu harganya gimana? Mahal nggak?

A : Harga tetap jaminan mutu kok, Moms. Rp 15,000. Di mana lagi ada buku 40 halaman full color bilingual lengkap dengan aktivitas dengan harga segitu? Tul nggak, Moms?

Q : Biasanya buku kamu ada seri-an nya, kok ini cuma 1 sih?

A : Sebenarnya The Special Watermelon ini adalah 1 buku dari seri dongeng bilingualku. Tapi berhubung lebih tebal dan lebih panjang memang waktu penerbitan dari buku-buku dalam seri ini jadi agak terpaut lama. Dan memang kebetulan di back cover tidak tercantum cover buku yang lain dari seri ini (karena masih rahasia). Di seri ini akan ada paling sedikit 3 judul. Buku keduanya (dengan cerita nggak kalah seru) sudah hampir selesai (dah selesai warna kok, Moms, tinggal masukin teks). Ditunggu aja tanggal terbitnya.

Q : Wah akhiran ceritanya nggak disangka banget!

A : iya, namanya juga biar surprise hehe J.

Ok, Moms, thanks buat semua respons-nya. The Special Watermelon memang bener Special kan? J. Send my kisses to your tiny readers and till my next book…

Happy reading always!
Arleen Amidjaja
Arleen315.blogspot.com
Untuk melihat cover dari 56 children storybook Arleen yang sudah terbit, ini linknya:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac
Untuk melihat cover dari 3 novel Arleen yang sudah terbit (ini buat Moms), ini linknya:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=c052&

The Special Watermelon
Penulis : Arleen Amidjaja
Ilustrator : Rudy
Penerbit : Wahyu media
Bahasa : Bilingual
Harga : Rp 15,000
(tersedia di toko buku)
Si nenek tua punya pohon semangka yang istimewa. Apa istimewanya? Di dalam tiap buah semangka dari pohonnya ada sesuatu yang sudah pasti berguna bagi si penerima buah. Terus ada satu saudagar yang kepingin minta buah semangka istimewa juga. Hadiah apa yang didapat si saudagar dari si nenek tua? Baca aja di buku The Special Watermelon.