Arleen's Blog

Friday, August 04, 2006

Tolong! Aku ketagihan novel ber-seri!

Pernah baca novel ber-seri? Pasti langsung terpikir Harry Potter. Aku juga pertama baca novel ber-seri memang Harry Potter. Tapi waktu baca Harry Potter nggak terlau terasa bahwa itu novel berseri, karena bacanya pas waktu keluar, jadi antara buku 1 dan 2 dan berikutnya jedanya lama.

Terus aku baca seri Dark Tower nya Stephen King. 7 buku total halamannya kalo semua dijumlahin adalah 4,037. Asiiik banget! Malah ceritanya seru banget. Nggak kebayang itu plot bisa diplintir plintir sampai akhirnya si Stephen King sendiri pun bisa jadi salah satu karakter di dalam novel itu, sampe nggak tau lagi mana yang reality mana yang fantasy. Pokoknya heboh!

Terus keluar terjemahan Chronicles of Narnia ( 7 buku total halaman 2,026). Dan karena memang bukunya sudah terbit berpuluh puluh tahun yang lalu, jadi terjemahannya langsung lengkap dan langsung kubaca. Ternyata buagus dan kalo disuruh pilih bagusan mana harry potter dengan narnia, aku sampe sekarang masih nggak bisa jawab.

Terus aku dipinjemin The Christ Clone Trilogy nya James Beau Seigneur (3 buku total halaman 1,077). Yah ini ma kurang panjang seriannya, buku Stephen King yang “It” aja 1 buku juga dah lebih dari segitu halamannya (1,116). Tapi emang seru juga ini setipe dengan Dan Brown, menceritakan tentang Tuhan Yesus yang di clone dari sel-sel kulit yang kebetulan masih menempel di bekas jubahnya dulu (yang memang masih ada). Yah, cukup controversial.

Terus aku dipinjemin serial Belgariad lalu sambungannya Mallorean dan 2 complementary novels juga jadi 1 seri isi 12 buku total halaman 5,382. Cerita fantasy karya David Eddings. Asik banget.. cerita fantasy tentang magician. Eddings menciptakan dunianya sendiri dan karena ceritanya saking panjangnya, at the end bener bener dah merasa hidup di dunia itu dan rasanya kita jadi kenal secara pribadi sama karakter karakter di dalamnya seperti kita mengenal om atau tante kita sendiri!

Sekarang lagi baca seri Xanth –nya Piers Anthony (6 buku total halaman 1,907). Ini genre fantasy yang 100% fantasy, lengkap dengan centaur (1/2 manusia ½ kuda, naga, magician dll.) Asik banget ikutan mimpi. Ini dunia yang betul-betul heboh. Sekarang dah hampir abis buku ke 6 nya.. jadi sedih. Itulah perasaanku kalo baca novel berseri, kalo dah sampe novel terakhir selalu sedih, kayak bakal kehilangan temen yang dah lama kita kenal dan yang tiap hari nemenin kita..

Yah, tapi nggak usah sedih kali ya, kan ada novel-novel berseri lainnya. Tapi novel ber-seri apa yang akan aku baca sehabis ini, aku masih belum tau. Karena sebagian besar novel itu aku dipinjemin suaminya teman sekantorku. Suaminya teman sekantorku ini amat sangat mencintai buku dan punya ber-rak-rak, ber kopor-kopor, ber gudang-gudang, ber kolong-kolong buku. Istrinya (temanku) kalo business trip ke luar negeri selalu dibekali list buku yang poanjaaaang. Alhasil kalo minjemin ke aku juga pake kantong kresek besar, dan nggak pake tanya-tanya dulu apa aku dah baca ini / itu belum dan selama ini belum pernah ada buku pinjaman dari dia yang aku dah pernah baca.

Pokoknya, asik banget bisa pinjam dari temenku itu karena sejak punya anak memang budget beli bukuku sudah berubah jadi budget beli buku anak :).

Bulan lalu sewaktu aku talk show tentang IKAPI book fair di radio Mustang, ada pendengar yang menelpon dan bertanya padaku : harus baca berapa buku untuk bisa nulis buku? Rasanya kalo dilihat dari beratus-ratus novel yang dah aku baca dan baru 3 novelku yang dah terbit entah gimana hitung ratio-nya, mungkin memang nggak bisa dihitung dengan cara itu. Ratio mungkin bisa kupake dalam menghitung ini itu dalam pekerjaan ku (di bidang finance) tapi kalo soal baca dan tulis, buat aku, itu lebih persoalan hati.

Kalo tentang buku cerita anak yang kutulis yang hampir selalu ber-seri-seri, itu karena aku ingin anak-anak dekat dengan karakter-karakter dalam buku ceritaku seolah-olah karakter itu adalah saudara mereka sendiri yang mereka kenal dan selalu siap menemani mereka setiap hari. Eh tapi, mungkin juga itu karena aku memang ketagihan novel berseri itu tadi.

Happy reading,
Arleen Amidjaja
Arleen is a children book writer and a novel writer
Use this link to see covers of her children storybooks (60):
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac
Use this link to see covers of her novels (yang baru 3 dan tidak ber-seri):
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=c052&

4 Comments:

Post a Comment

<< Home