Arleen's Blog

Saturday, September 16, 2006

Posting # 27 : Kid’s Pen Pal (sahabat pena) – Ideas for Moms

Dear Moms, Dads, Teachers and friends…

Inget nggak Moms waktu kita kecil sering punya sahabat pena di luar negeri. Waktu itu sih karena belum tau email jadi nulisnya pake kertas surat terus perangkonya dikoleksi hehe :). Punya sahabat pena itu hal yang bagus loh, Mom, karena anak kita jadi tambah teman dari negara-negara yang lain jadi tambah wawasan dan pengetahuan. Bisa jadi sumber cari bahan untuk projek sekolah tentang negara lain. Sekarang ini (hari giniii J) sahabat pena dah jadi sahabat email. Dan di bawah ini beberapa website tempat anak mencari sahabat pena di seluruh dunia.

http://www.studentsoftheworld.info/
Organisasi penpal di banyak negara di dunia dibagi menurut geographic region. Tinggal klik di region dan negara, lalu tinggal pilih penpal mana yang ingin dihubungi lalu klik di icon email. (Sudah ada penpal yang dari Indonesia juga). Tidak dibagi menurut umur tapi bisa search jika menginginkan umur tertentu.

http://www.kidsmc.com/penpal/
anggotanya berasal dari 178 negara. Tinggal cari penpal berdasarkan umur lalu gerakan cursor ke icon gambar kertas surat dan pena untuk melihat email address dari masing masing anak.

http://www.bconnex.net/~kidworld/
Ada joke, games, stories yang ditulis anak-anak. Penpal dibagi jadi 4 kategori umur. Setelah masuk ke kategori umur tinggal pilih dari daftar message yang ada (nama, lokasi, message). Untuk melihat email address dari masing masing anak, tinggal arahkan cursor ke nama atau ke tulisan “write me“.

http://www.netrover.com/~kingskid/snake.html
Untuk anak dibawah usia 10 tahun. Langsung terlihat daftar message dari anak-anak beserta email masing masing.

http://www.geocities.com/SoHo/Coffeehouse/9025/PenPal.html
bisa cari penpal sesuai umur. Setelah memilih kategori umur, tinggal lihat di daftar. Bisa cari yang interestnya sesuai, lalu tinggal kirim email.

http://www.koko.org/kidsclub/
Ingin punya penpal seekor gorilla? Site ini adalah sitenya Koko, seekor gorilla sungguhan yang sudah diajar sign language sehingga bisa berkomunikasi dengan manusia. Koko juga mengerti bahasa verbal. Bisa belajar ini itu tentang gorilla di website ini, ada foto-foto gorilla dan anak-anak bisa kirim electronic postcard ke Koko, si gorilla.

http://www.epals.com/
ePALS Classroom Exchange® ini cocok untuk dipakai di kelas-kelas di sekolah-sekolah. Setelah sign up, dapat email account untuk 35 murid, lalu bisa secara mulai email-emailan dengan kelas-kelas lain di negera lain. Hal ini bisa untuk belajar bahasa dan juga pelajaran mengenal negara lain.

http://www.truckerbuddy.org/
ini juga untuk dipakai di kelas-kelas di sekolah-sekolah. Ini khusus wadah bagi pengalaman dari trucker buddy (orang dengan pekerjaan sebagai pengemudi truk di amerika yang kerjanya berkeliling dari tempat ke tempat) dengan murid-murid (grade 2-8). Yang boleh register adalah kelas/homeschool class dengan murid 12 atau lebih.

Ok, Moms.. segitu dulu postingan aku kali ini...

Happy Parenting always!
Arleen Amidjaja

PS : Jangan lupa browse kutukutubuku.com Di sana lagi promosi 1 seri buku cerita aku : Seri story of many colors. 1 paket isi 10 judul Rp 96,000 (jadi hanya Rp 9,600 per buku. Bilingual, full color.. jarang loh buku bilingual di bawah Rp 10,000! Dan harga di toko bukunya adalah Rp 12,000 per buku). Buruan order via kutukutubuku.com atau via email mereka: kutubuku.id@gmail.com
Untuk melihat cover-covernya, ini linknya:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=/dfb6scd

8 Comments:

Post a Comment

<< Home