Arleen's Blog

Monday, August 21, 2006

Pembahasan hasil survey Arleen dan daftar 10 yang mendapat buku.

Dear Moms and Dads…

Thank you banget buat semua yang udah ikutan survey aku. Tadinya aku kira cuma 40-50an kali yang ikut.. tapi ternyata total respon ada 331 !!! Ada yang dari luar negeri juga malah! (tapi yang dari luar angkasa belum ada.. mungkin di sana belum ada internet :) Seneeeng banget.. ayo coba semua berhenti sejenak untuk ngebayangin aku senyum senyum sendiri di depan computer……………………………. Ngebayangin selesai! :)

Ok Moms and Dads, ini pembahasan hasil tabulasi surveynya… (catatan: ada persentase yang kalo dijumlahkan lebih dari 100%, itu karena ada yang memberi lebih dari 1 jawaban) dan kalo mau langsung liat siapa yang beruntung, langsung scroll aja ke bawah.

Rata-rata kepemilikan buku per tiny readers adalah 31 buku.
Rata-rata pendapatan buku per tiny readers per tahun adalah 8.6 buku.
Berarti memang nggak sampai 1 buku per bulan.. agak dikit yaa.. tapi….

… tapi aku yakin ini akan membaik karena :

Untuk pertanyaan berapa sering ke toko buku, 60% moms/dads menjawab MINIMAL sekali sebulan (banyak yang sekali seminggu malah!)
Untuk pertanyaan berapa sering tiny readers dapat buku baru, 46% menjawab sebulan paling sedikit dapat 1 buku
Dan… surprisingly ada 26(8%) moms/dads yang sudah mengikuti usulan Glen Doman (dalam bukunya How to Multiply your Baby’s Intelligence) untuk memperkenalkan 2 buku baru per minggu atau 8 buku per bulan.
Untuk pertanyaan berapa sering moms/dads membacakan cerita pada tiny readers, 38% moms/dads menjawab sering dan 37% moms/dads menjawab hampir tiap malam!
Untuk pertanyaan kalo dapat voucher Rp 100,000 mending beli apa, 64% menjawab beli buku!
Horeeee!!!

Untuk pertanyaan berapa harga yang pantas untuk buku cerita anak bilingual:
45% menjawab Rp 10-20 ribu
43% menjawab Rp 20-50 ribu
(hanya 5% yang menjawab harus dibawah Rp 10,000,- menunjukkan moms/dads memang sadar bahwa sekarang apa apa muahalll hehe :)

Untuk pertanyaan tentang pilihan bahasa untuk buku cerita anak:
46% memilih bilingual dengan teks Indonesia lebih besar
44% memilih bilingual dengan teks Inggris lebih besar
8% memilih English only
7% memilih Indonesia only
Berarti 90% memilih bilingual, karena menyadari pentingnya belajar bahasa asing sejak dini tanpa melupakan bahasa Indonesia kita, terbukti yang memilih English only hanya 8%. Juga menunjukkan moms/dads yang menginginkan value for money (beli 1 buku, dapat 2 bahasa, asik kan :)

Untuk pertanyaan tipe cerita macam apa yang disukai,
69% memilih cerita seputar kehidupan sehari hari
31% memilih cerita dongeng

Untuk pertanyaan tipe tokoh/karakter dalam buku cerita yang disukai,
63% memilih karakter hewan
32% memilih karakter manusia

(stop press: numpang promosi dikit.. kabar gembira: ada 1 seri lagi buku aku yang akan segera terbit. Tokohnya kebetulan kodok kecil yang lucu dan ceritanya dari kehidupan sehari-hari hehe :)

Untuk pertanyaan siapa penulis buku anak luar negeri yang disukai, 54% menjawab tidak tahu. Sisanya menjawab HC Andersen (70 respondents), Enid Blyton (42), JK Rowling (12), Roald Dahl (11), dan beberapa lagi.

Untuk pertanyaan siapa penulis buku anak dalam negeri yang disukai, 78% menjawab tidak tahu. Sisanya menjawab Arleen (ehem :) yang menyebut nama aku tidak otomatis dapat buku ya hehe :) karena yang mendapat buku dipilih random), Clara Ng, Renny Yaniar, Bung Smas, kak Seto.. ada yang menyebut penerbit Mizan, Gramedia.

Kesimpulannya: Moms/Dads tidak terlalu terpaku pada penulis, yang penting isi ceritanya! Dan aku setuju banget karena kita harus biarkan anak kita terexpose pada banyak penulis dalam dan luar negeri supaya bisa menikmati berbagai gaya, berbagai cerita, berbagai cara bercerita dan berbagai sudut pandang. Dan buat aku pribadi, yang penting memang bukan penulisnya tapi PEMBACAnya (alias tiny readers :) hehe.. iya dong.. kalo nggak ada yang baca, ngapain nulis? Tul nggak, moms/dads?

Untuk pertanyaan hadiah apa yang menarik untuk didapat sewaktu beli barang, 2 jawaban yang paling menonjol:
62% menjawab CD interaktif (mungkin biased up karena survey ini via internet, jadi memang yang menjawab semuanya adalah pengguna computer)
59% menjawab buku

Untuk pertanyaan tentang hobby yang diinginkan moms/dads untuk dimiliki anak, 3 jawaban yang menonjol:
89% memilih membaca
65% main alat musik
50% berenang (dan olah raga)

Overall aku rasa Moms and Dads of Indonesia sudah sangat care tentang pengembangan anak-anak dan juga sadar tentang pentingnya membaca. Horeeeeee!

Catatan: hasil survey ini tidak 100% mencerminkan masyarakat kita. Orang-orang yang memilih untuk ikut survey ini dengan sendirinya adalah orang-orang yang sedikit banyak memang concerned tentang bacaan. Jadi hasil survey ini pasti “lebih bagus” dari keadaan sebenarnya. Walau demikian, aku yakin dan terus berdoa bahwa kita memang sudah berjalan ke arah yang benar, towards a reading society.

Ok, dan inilah yang ditunggu-tunggu.. 10 moms/dads pengikut survey yang beruntung mendapatkan buku Little Lily’s BIG Adventure:
1 Shintalya Wibawa
2 Ninda Miranda
3 Abdul Holil
4 Maria Antonia
5 Atti Primaranti
6 Devi Navalia
7 R Delia Julianti
8 Hera Suroso
9 Andriani Hutomo
10 Murtiana Shanty
Selamat yaaaa!!! (masing masing akan aku japri untuk confirm alamat)

Happy Reading!
Arleen Amidjaja
Untuk melihat cover 3 novel chicklit aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=c052&
Untuk melihat 60 cover children storybooks aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac

9 Comments:

Post a Comment

<< Home