Arleen's Blog

Tuesday, August 15, 2006

Seputar seri Monty Kitty, children storybook Arleen yang pertama.

Dear Moms, (Dads and Teachers and all..)

Ada beberapa Moms yang nanyain seputar seri Monty Kitty. Ini jawabannya!

Q: Apa benar seri Monty Kitty ini adalah seri buku cerita kamu yang pertama?
A: Benar. Walaupun waktu itu terbitnya hampir bareng dengan seri Marrie the Mermaid Princess. Jadi banyak yang kira seri Marrie yang pertama, padahal seri Monty Kitty yang pertama (memang lahirnya hanya beda hari hehe :)

Q : Mengapa seri Monty Kitty tidak tersedia lengkap 10 judul di toko buku? Jadi susah ngelengkapinnya!
A : seri Monty Kitty sebenarnya adalah bagian dari kurikulum belajar bahasa Inggris terbitan Dian Rakyat. Kurikulum ini terdiri dari beberapa level: dari prestarter sampai advance. Seri Monty Kitty adalah level pre-starter dimana level starter ke atasnya diisi buku buku karya penulis asing, lisensi dari luar negeri. Jadi kemungkinan penerbit lebih menargetkan sekolah-sekolah.

Tapi Moms, sekarang Monty Kitty sudah TIDAK susah didapat lagi, karena setelah menerima beberapa email, aku langsung mohon pada penerbit untuk bekerja sama dengan online bookstore. Dan hasilnya, sekarang ini seri Monty Kitty sudah tersedia di Kutukutubuku.com
(malah harganya diskon 15% jadi tinggal Rp 13,600 per buku)

Untuk lihat sample pages dan cover-cover buku-buku dalam seri Monty Kitty ini, gunakan link berikut:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=ea14scd&

Q : Mengapa seri Monty Kitty hanya berbahasa Inggris, tidak bilingual seperti buku-buku kamu yang lain?
A : Itu karena seri ini adalah bagian dari kurikulum belajar bahasa Inggris. Jadi sebenarnya adalah buku pelajaran yang dibuat fun, dikemas dalam cerita. Jumlah perkataan, jumlah vocab dan tenses di seri ini dikontrol. Juga tidak ada singkatan seperti isn’t, don’t dll. Ini memang khusus untuk belajar bahasa Inggris. Semisal kita belajar bahasa inggris dengan nonton film inggris, misalnya, kalo ada teks Indonesianya kan kadang jadi kebawa baca teks melulu. Jadi itu sebabnya seri Monty Kitty hanya berbahasa Inggris.

Q : Tapi nggak susah kan ya?
A : Of course nggak susah. Namanya aja level PRE-starter. Jadi memang untuk menyiapkan balita sebelum mereka benar-benar mulai belajar bahasa Inggris. Kan kata Maria Montesorri, lebih mudah belajar suatu bahasa sebelum usia 6 tahun, karena anak usia dibawah 6 tahun punya absorbent mind.

Ok Moms, segitu aja … kalo ada yang mau nanya lagi, japri ajaa…

Happy Reading.
Arleen Amidjaja
Untuk melihat semua cover buku Arleen yang sudah terbit (ada 60), ini linknya:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac

Seri Monty Kitty menceritakan kisah keseharian dari seekor monyet kecil bernama Monty dan sahabatnya, seekor kucing kecil bernama Kitty. Di buku satu, mereka baru berkenalan karena Kitty baru pindah rumah ke dekat Monty. Di buku selanjutnya ada cerita-cerita seperti Monty yang harus memakai kacamata, Kitty yang menari balet, Monty dan adiknya dll. Cerita diambil dari kejadian sehari-hari dan di ilustrasikan dengan warna-warna cerah yang menarik perhatian anak-anak.

Judul-judul dalam seri ini
1 Monty's New Neighbor
2 Monty's Search for the Perfect Banana
3 Kitty's ballet performance
4 Monty found a baby bird
5 Monty's new baby sister
6 Aunt Sarah's visit
7 Rainy day
8 Little Fire Fighter
9 Sports Tournament at School
10 Monty's New Glasses
Penerbit : Dian Rakyat
Harga : Rp 16,000 (diskon 15% jika dipesan via tokotokobuku.com)
Bahasa : English
(seri ini adalah level Pre-Starter dari seri Guided Readers belajar bahasa Inggris yang diterbitkan Dian Rakyat. Untuk seri ini, vocab, jumlah kata, dan bentuk kalimat di control. Target: untuk anak usia balita jika dibacakan, dan untuk usia SD 1-3 jika membaca sendiri).