Arleen's Blog

Saturday, August 12, 2006

Posting # 22 : Homeschooling resources – Ideas for Moms

Dear Moms,

Sering denger kata homeschool? Yaitu Moms yang mengajar sendiri anak-anak mereka di rumah. Nggak gampang ya, Moms, jadi guru full time untuk anak-anak kita sendiri. Di bawah ini beberapa website yang menyediakan bahan-bahan pelajaran untuk homschooling. Buat kita-kita Moms yang bukan homeschooler, website-website ini bisa kita gunakan untuk cari aktivitas, atau cari bahan yang menunjang tugas sekolah anak.

http://www.lessonplanspage.com/
Sumber pelajaran yang dibagi berdasarkan subject : math, science, social studies, music dll. Setelah pilih subjek, kita pilih level : Kindergarden, 1st grade dll. Lalu baru dibagi menurut sub-subjek. Contoh: subjek science dibagi lagi menjadi astronomy, biology dll. Setiap lesson plan dengan jelas dijelaskan objectivenya, activitynya dll.
Resource yang mudah digunakan karena pembagian yang berdasarkan subjek dan level itu.

http://www.thehomeschoolmom.com/
http://www.thehomeschoolmom.com/schoolroom/
Berbagai sumber pengajaran, dikategorikan berdasarkan topic. Ada tentang geography, tentang negara-negara, astronomy, history, serangga atau apa aja. Begitu klik di topik yang kita inginkan, akan nyambung ke website lain yang isinya bahan pelajaran tentang topik itu.

http://www.ilovethatteachingidea.com/
Kumpulan ide-ide pelajaran dari guru, moms etc. Ide-ide dibagi menurut topik subjek : art, science, social studies, ide untuk field trips dll. Setiap ide juga disertai grade (cocok untuk kindergarten atau grade 1 dll). Contoh under art ada cara membuat vas bunga dari botol, membuat bunga dari cereal dll.

http://www.teachyourchildrenwell.org/
di sini banyak materi-materi juga.., bisa bikin worksheet math dll. Ada juga maze maker. Tau kan anak-anak suka banget ngerjain maze (mencari jalan) di majalah majalah, di sini kita bisa design maze, terus di print buat anak-anak (bisa diatur tingkat kesulitan mazenya). Ada colouring pages juga.

http://www.homeschoolzone.com/
http://www.homeschoolzone.com/pp/index3.htm
Di website homeschool ini ada beberapa arts and crafts yang dibagi menurut festivities season (Christmas, Halloween dll). Juga ada recipes.

http://www.homeschoolmath.net/
Ini resources math untuk homeschooler. Bisa print math worksheet dari sini yang kita design sendiri sesuai level anak kita.

http://www.earthlife.net/
Website berisi ini itu tentang hewan (kupu-kupu, burung, ikan dan hewan bertulang belakang) Contoh tentang burung bisa belajar tentang jenis-jenis burung bahkan jenis-jenis dari sarang burung dll. Cukup banyak tentang hewan yang bisa dipelajari dari sini.

http://www.homeschoolfreestuff.com/
Ini tempat mendaftar untuk mendapatkan free email issue yang berisi homeschool resources tiap minggunya. (materinya tidak ada di sini, tapi jika kita daftarkan email kita, setiap minggu akan dikirimi materi: kurikulum, worksheet dll. Ada contoh issue-nya.)

http://homeschooling.gomilpitas.com/materials/Free.htm
Link ke buanyak website-website lain yang semuanya tentang homeschool. Ada artikel, ada materi, lesson plans dll.

Ok, Moms.. till my next posting…

Oh ya, jangan lupa, tanggal 26 Agustus nanti (hari sabtu jam 10-12) aku bakal jadi speaker di seminar “Cara memilih bacaan yang tepat untuk anak” yang diadakan oleh GPU di Bentara Budaya Jakarta. Tiket Rp 50,000 (dapat 3 buku yang memang seharga itu, jadi itung itung gratis euy, seminarnya :). Hanya tersedia 100 kursi. Untuk daftar, kontak Nunik di GPU. Telpon 53677834 psw 3273.

Di hari yang sama, siangnya jam 14:00, aku bakal storytelling/booksigning. (Event ini free, tinggal datanggg!) Kalo sempat, ajak tiny readers ke Pesta Buku Gramedia ini ya, Moms, sekalian belanja buku dengan diskon kaaan..:)

Happy Parenting,
Arleen Amidjaja
Untuk melihat posting2 aku yang terdahulu, lihat aja di blog aku:
http://arleen315.blogspot.com
Untuk melihat cover 3 novel chicklit aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=c052&
Untuk melihat 60 cover children storybooks aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac

7 Comments:

Post a Comment

<< Home