Arleen's Blog

Saturday, August 26, 2006

Posting #24: Montesorri Play and Learn – Ideas for Moms

Dear Moms (and Dads, Teachers and Friends),

Di bawah ini ada beberapa permainan (Games and Activities) yang kudapat dari buku :

Montessori Play and Learn
A parents Guide to Purposeful Play from Two to Six
Written by Lesley Britton

Permainan ini dibagi menjadi 7 kategori, sesuai 7 area dari metode Montesorri. Angka di dalam kurung adalah acuan umur yang cocok bagi aktivitas tersebut.

Kategori Language and Reading

The Silence Game (2 – 6)
Kita dan anak berusaha diam, sediam-diamnya (jangan paksakan anak untuk diam, dia harus menerima bahwa ini adalah permainan dan bukan suruhan untuk diam) lalu coba dengarkan suara-suara yang ada. Setelah satu menit tanya (dengan berbisik) apa saja yang dia dengar.
Game ini melatih self control dan observation skill.

The Object Game (3-4)
Sediakan sekelompok benda yang dimulai dengan bunyi yang sama. Contoh : bola, buku, balon, boneka. Tunjuk pada benda-benda tersebut satu per satu sambil mengatakannya, pastikan anak menangkap mereka dimulai dengan bunyi b. Perkenalkan kelompok kedua, contoh : pen, pensil, penggaris, penghapus dengan cara yang sama. Lalu suruh dia ambil satu barang yang dimulai dengan b, lalu dengan p dst. Variasi : ambil pensil dan tanya: apakah ini bensil?
Game ini melatih mengenal begining sound.

Shapes (4-5)
Gunting kertas karton (atau bekas kartu yang cukup tebal) menjadi berbagai bentuk (lingkaran, kotak, segitiga dll.) Perkenalkan bentuk, dan suruh anak menjiplak bentuk itu ke atas kertas putih (suruh anak meletakan karton berbentuk di atas kertas putih dan menelusuri tepinya dengan pensil.
Game ini melatih tangan mengontrol alat tulis

Words around the House (5-6)
Buat label untuk benda-benda di rumah dengan karton putih dan spidol (label jangan terlalu kecil) seperti : kursi, sofa, lemari es, jendela, meja dll. Suruh anak berkeliling rumah untuk meletakkan label itu pada masing-masing benda.
Game ini melatih membaca

Kategori Sensory Development

Mystery Bag (2-3)
Masukan benda ke dalam kantong (sarung bantal cukup baik) dan minta anak untuk menebak benda apa itu dengan memasukkan tangannya ke dalam kantong (tanpa boleh melihat ke dalam kantong)
Game ini melatih indera peraba.

Sorting by Sound (3-4)
Kumpulkan 10 botol bekas vitamin (atau kosmetik dll) yang sama persis.
Cari 5 jenis benda kecil (contoh : paper klip, kerang, kelereng, buletan kapas, potongan kertas. 5 benda ini akan dimasukan dalam botol, jadi cari yang beragam bunyinya jika botol dikocok. Ada kelereng yang ribut, ada kapas yang hampir tidak berbunyi).
Masukan ke dalam botol, 2 botol-2 botol. (ada 2 botol yang masing masing berisi 1 paper klip, ada 2 botol yang masing masing berisi 2 kelereng dst)
Suruh anak mencari pasangan botol dengan mengocok-ngocok botol tersebut.
Game ini melatih indera pendengaran

Memos (5-6)
Ini game memory card biasa dimana kartu di balik di atas meja, lalu anak membuka 2 kartu. Jika sama boleh diambil, jika tidak harus dibalik kembali.
Game ini melatih memory

Kategori Mathematics

Sorting buttons (2-3)
Sediakan kancing dalam berbagai bentuk dan ukuran dan wadah dimana anak bisa memasukkan kancing yang sama ke dalam 1 wadah. Tutup mata anak dan suruh menyortir kancing itu.
Game ini melatih indera peraba.

Flat shapes (3-4)
Ambil beberapa karton (atau bekas kartu) yang ukurannya sama. Gambar bentuk geometris di tengahnya (lingkaran, segitiga dll) lalu potong dengan silet/cutter. Jadi kita punya bentuk geometris dan bingkainya (kartu yang tengahnya ada lubang berbentuk segitiga, lingkaran dll). Minta anak memasangkan bentuk ke bingkainya.
Game ini melatih mengenal bentuk dengan melibatkan indera peraba (bukan hanya indera penglihatan)

Kategori Science and Nature

Cooking (2-3)
Ajak anak dalam aktivitas – aktivitas seperti mencampur ini itu. Setelah biasa, bisa diajak membuat kue kering dll.
Banyak yang bisa dipelajari dari keterlibatan anak di dapur seperti belajar tentang benda apa yang bisa larut dalam air, bagaimana benda berubah karena dingin atau panas

Floating and Sinking (3-4)
Bisa dilaksanakan di dapur : mana buah/sayur yang mengapung, mana yang tenggelam. Atau bisa dilaksanakan di kamar mandi : mana benda yang mengapung, mana yang tenggelam.

Food Groups Game (3-6)
Sediakan kertas besar dan gambar dari berbagai makanan (bisa digunting dari majalah-majalah). Bagi kertas besar menjadi 7 bagian : buah&sayuran, daging, susu, carbohidrat, kacang-kacangan, lemak, gula. Minta anak menempelkan gambar makanan di bidang yang tepat.
Game ini untuk memperkenalkan kebiasaan makan yang baik dan supaya anak aware atas apa yang dimakannya sehari-hari.

Kategori History

Timeline of your child’s day (3-4)
Sediakan kertas yang panjang dan beri garis dengan angka (jam) dari bangun sampai tidur. Sediakan foto anak sedang makan, tidur, mandi dll. Sama-sama menaruh foto itu di tempat yang benar.

Timeline of your child’s life (4-5)
Sama tapi foto diganti dengan foto ulangtahun, perayaan natal/lebaran dan lain-lain

Dua game ini membuat anak peka terhadap jalannya waktu dan membuat dia bisa “melihat” konsep waktu.

Kategori Geografi

Plan of the house (3-4)
Sediakan kertas yang besar dan gunting gambar-gambar perabot dari majalah seperti ranjang, sofa, lemari es dll. Buat peta rumah anda dengan kertas dan guntingan perabot tadi.
Game ini adalah awal dari pengenalan peta

Where do I live? (4-5)
Gambar-gambar tentang rumah yang berbeda (rumah panggung, igloo, rumah hewan, sarang burung dll). Pasangkan dengan si empunya rumah.

Kategori Arts and Craft

Printing Hands and feet (2-3)
Sediakan kertas besar, cat air. Biarkan anak membuat cap tangan dan kakinya pada kertas. Kertas bisa dijadikan kertas kado, atau bisa buat kartu dengan cara yang sama.
Game ini mengembangkan sense of design dan kreativitas.

Tearing, cutting and Colage (3-5)
Sediakan kertas kado, kertas tissue, bekas kartu, majalah, ini itu. Suruh anak robek atau gunting sesukanya dan tempel di atas kertas putih besar (bekas kalender).
Aktivitas ini untuk melatih kreativitas dan merasakan tekstur kertas yang berbeda-beda (melatih indera peraba)

Sewing (5-6)
Anak-anak boleh mulai menjahit di usia ke 5. (Jika anak anda menerima pelatihan Montessori di sekolahnya, ia akan tahu cara memegang jarum dan tidak usah takut tertusuk. Jika tidak, mungkin perlu berhati-hati atau gunakan jarum yang besar dan tidak tajam pada kain yang berserat besar).
Sediakan kain dan berbagai jenis benang. Biarkan mereka menjahit.
Ini untuk melatih fine motor skill.

Maria Montesorri percaya bahwa usia 0-6 dari hidup anak adalah masa yang sangat penting karena di saat itu anak mempunyai absorbent mind, otak yang siap belajar dan menyerap ilmu.

Di bawah ini beberapa website yang menyediakan informasi tentang metode Montesorri.
http://www.montessori.edu/
http://www.montessoriconnections.com/
http://digital.library.upenn.edu/women/montessori/method/method.html
(e book dari buku The Montessori Method)
http://www.montessori.edu/homeschooling.html

That’s all for now, Moms, happy parenting always!

Arleen Amidjaja
Untuk melihat posting2 aku yang terdahulu, lihat aja di blog aku:
http://arleen315.blogspot.com
Untuk melihat cover 3 novel chicklit aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=c052&
Untuk melihat 62 cover children storybooks aku:
http://pg.photos.yahoo.com/ph/arleen315/album?.dir=a6ac

9 Comments:

Post a Comment

<< Home