Arleen's Blog

Wednesday, October 25, 2006

Posting # 32 : Outdoor Play – Ideas for Moms.

Dear Moms, Dads, Teachers and Friends,

Di bawah ini beberapa website yang memuat ide ide buat main di outdoor. Main di outdoor itu baik loh, Moms, untuk anak-anak karena anak-anak pada dasarnya suka bertualang dan suka mencari hal-hal yang baru. Tapi memang harus pastikan bahwa lingkungan outdoor play harus aman.

http://www.bbc.co.uk/parenting/play_and_do/
http://www.bbc.co.uk/parenting/play_and_do/toddlers_index.shtml
Di website ini ada section untuk outdoor play yang dibagi menurut kategori umur.
Untuk kategori umur 2-3, contohnya, ada game-game seperti: water paint (mengecat apa saja di luar rumah dengan air. Hanya perlu seember air dan kuas cat tembok yang besar), wind play (berlarian di angin dengan membawa pita panjang). Untuk kategori umur 3-4 ada game-game seperti: wash day (mencuci baju boneka dan menjemurnya).

http://www.funattic.com/game_list.htm
Banyak game dan activities di sini, dibagi menjadi beberapa kategori seperti : card game, ball game, tag games, water game. Beberapa game memerlukan alat-alat yang dijual di website ini, tapi sebenarnya bisa disubstitusi dengan benda-benda yang kita sudah punya. Contoh : game fling sock itu menggunakan kain panjang yang diujungnya menggembung seperti bola (ada gambar di websitenya), itu tinggal ganti dengan sepasang kaus kaki; 1 dibulatkan jadi bola dan dimasukkan ke kaus kaki yang 1 lagi, jadi bisa diputar-putar lalu dilempar.

http://www.gameskidsplay.net/
Kumpulan permainan anak seperti jump rope, hide and seek, marble game, ball games dll. Kalo di list semua, total kira kira ada hampir 100 games. Contoh : game Sleeping Lion itu anak-anak harus tiduran dan tidak bersuara. Satu anak yang “jadi” harus keliling dan berusaha membuat temannya tertawa dengan melucu dll. Ada game yang namanya toilet tag yang ternyata adalah tak jongkok. Atau variasinya adalah turtle tag, seperti tak jongkok tapi kita amannya kalo tiduran di punggung sambil angkat kaki dan tangan (seperti kura kura terbalik).

http://www.preschoolrainbow.org/preschool-outdoor.htm
Berisi 16 aktivitas luar rumah yang menarik seperti : mengumpulkan batu, melapisi pagar dengan plastik lalu mengecatnya, crayon rubbings on nature (menaruh kertas di atas batang pohon lalu gunakan crayon di atas kertas supaya bisa mendapatkan pola kulit pohon di atas kertas), membuat peta lingkungan sambil berjalan-jalan dan mencuci mobil bersama.

http://www.indianchild.com/
http://www.indianchild.com/outdoor_games.htm
Ada kurang lebih 20 game-game outdoor seperti Capture flag (2 kelompok anak masing masing menyembunyikan beberapa bendera untuk dicari oleh kelompok lawan. Kelompok yang berhasil menemukan semua bendera lebih dulu menang), Ball in the air (menjaga bola/balon supaya tidak jatuh ke tanah dengan terus melambung-lambungkannya) , dll.

http://fun.familyeducation.com/outdoor-recreation/toddler/39264.html
Outdoor activities untuk toddlers. Berisi sekitar 20 aktivitas luar rumah seperti main balon, menggali, main bubble sabun dll.

http://www.creativekidsathome.com/
http://www.creativekidsathome.com/games/
Di sini ada 1 kategori tentang outdoor games (ada juga tentang birthday game, board game dll).
Kategori outdoor games berisi 16 games seperti bubble (main bubble sabun), scavenger hunt (mencari benda-benda yang sudah disembunyikan) dll. (note : setelah klik nama game, scroll ke bawah karena instruksi game ada di bagian bawah halaman).

Yang di bawah ini artikel-artikel tentang Outdoor Play/tentang pentingnya Outdoor Play:
http://www.whitehutchinson.com/children/articles/outdoor.shtml
http://www.ces.ncsu.edu/depts/fcs/human/pubs/FCS507.pdf
http://www.healthykids.com/hk/category.jhtml?categoryid=/templatedata/hk/category/data/HK140.xml

OK! And till my next postings…

Happy Parenting!
Arleen Amidjaja

PS : Untuk melihat cover seri Kodi The Frog (seri buku ceritaku yang terbaru), ini linknya:
http://new.photos.yahoo.com/arleen315/album/576460762313487493#page1
Kodi the Singing Frog, buku pertama dari seri ini, adalah buku yang memecahkan rekor MURI sebagai buku cerita anak TERBESAR di dunia yang sudah dibuat berukuran 3 meter x 3 meter. Buku raksasa itu rencananya akan dipamerkan di lima kota di Indonesia. Setelah di Solo, rencananya dpamerkan di Bandung (September), Yogyakarta (Oktober), Surabaya (November) dan diakhiri pameran di Jakarta (Desember) bersamaan dengan digelarnya Indonesian Book Fair.

Untuk melihat posting2 aku yang terdahulu, lihat aja di blog aku:
http://arleen315.blogspot.com
(di sana ada lomba mewarnai berhadiah buku cerita anak, dan ada kuis berhadiah novel)
Untuk melihat cover 4 novel chicklit aku:
http://new.photos.yahoo.com/arleen315/album/576460762313495963#page1
Untuk melihat 72 cover children storybooks aku:
http://new.photos.yahoo.com/arleen315/album/576460762313495841#page1